Enterprise Resource Planning - SAP

Kang yayan - SAP PM Senior Consultant (instruktur kom-tek)

Salam,

Bagi yang baru 'terjun' di dunia SAP, mungkin agak mengernyitkan dahi bila mendengar Plant Maintenance module di SAP, Ya benar, SAP PM tidak setenar FICO ataupun MM apalagi CRM, sehingga kenyataannya saat ini SAP PM consultant relative sedikit dibanding consultant untuk module2 lain. Pada saat awal berkarir di dunia SAP saya langsung terjun sebagai PM consultant, waktu itu implementasi SAP di satu pabrik baja di Banten menggunakan SAP R/2. Saya merasakan betapa rumitnya proses maintenance (perawatan) dalam industri. Ada pengalaman tersendiri bekerja dengan para engineer, system analyst dan para maintenance manager. Karena background saya dari engineering (teknik elektro), jadi agak membantu juga masalah-masalah teknis.

Mulai penghujung 90 an, demand dari PM consultant meningkat akan tetapi resource nya masih kurang, maka sesuai hukum ekonomi, maka 'rate' dari SAP PM consultant tinggi sekali, saya sendiri sekaligus dapet 2 tawaran yang bersamaan satu di SAP Sydney satunya di KPMG New York, sulit pada saat itu menentukan pilihan. PM adalah bagian dari proses logistik di SAP dan dalam prosesnya erat hubungannya dengan proses MM (Material Management), belajar PM maka otomatis belajar 40% MM termasuk Inventory. Selain itu PM juga berhubungan dengan HR, SD, FICO, QM dan PS (Project) mungkin masing-masing sekitar 20%, seorang PM Consultant sejati maka akan menguasai paling tidak 20 - 40% pengetahuan di module2 tsb, sehingga kalau kita mau jump jadi consultant utk module lain, tidak lah sukar. Dalam perkembangan SAP terakhirnya PM Module adalah bagian dari PLM/ALM (Product Lifecycle Management / Asset Lifecycle Management) yang saat ini demand nya cukup tinggi di USA. Contoh client yang menggunakan PM secara besar-besaran adalah: US Navy (NAVSEA command), US Army logistics, American Airlines. Di Indonesia setau saya (koreksi kalau salah), Krakatau Steel, Amoco Mitsui, Garuda Indonesia, (silahkan ditambah).

Siapa yg pas untuk jadi PM Consultant, menurut saya anda yang berlatar belakang engineering misalnya jurusan Teknik Industri, Mesin, Elektro, teknik Kimia, dll. Karena dalam prosesnya anda akan berhadapan dengan istilah-istilah engineering seperti MTBR (mean time between repair), MTTR, dll.

Training LO100 yang diselenggarakan oleh Komtek, didesain untuk belajar dari awal proses maintenance dalam Industri modern, lanjutan training ini didesain untuk menjadi 'master' dibidang maintenance management khusus menggunakan SAP. Jika anda berlatar belakang
engineering atau mahasiswa jurusan engineering, jangan sia-siakan kesempatan ini. Selain itu anda mendapatkan full akses ke SAP IDES system.


Salam,
kang yayan - SAP PM Senior Consultant.

Tidak ada komentar: